Saturday, March 21, 2015

Seri Imunisasi : Vaksin Pneumokokus


Sumber gambar: Google Image

Mengapa Vaksin pneumokokus harus diberikan ?
Infeksi Pneumokokus menjadi  perhatian pada dekade terakhir. Pneumokokus merupakan flora normal  yang dapat dijumpai pada nasofaring. Jika pertumbuhannya berlebihan, bakteri  ini dapat menjadi musuh yang sulit untuk ditaklukkan tubuh. Infeksi. Pneumokokus yang serius kami sebut dengan Invasive Pneumococcal Disease (IPD), artinya bakteri yang seharusnya ada di nasofaring, bisa masuk ke sistem perdarahan sistemik, sehingga dapat menginfeksi organ dalam tubuh.

Apa saja penyakit yang dapat disebabkan oleh Pneumokokus ?
Jika si kecil tersedak, maka sebahagian cairan yang ada di mulut akan masuk ke dalam saluran napas. Karena Pneumokokus adalah bakteri yang tinggal di nasofaring (bagian mulut), maka kuman ini akan ikut masuk ke dalam saluran napas. Pneumokokus akan menghancurkan silia (mengenai silia,silahkan  baca di blog saya mengenai batuk pada anak) dan berkembang biak di sana sehingga mengakibatkan infeksi Paru, atau Pneumonia.

Selain itu, karena Pneumokokus hidup di nasofaring, dimana secara anatomi nasofaring dekat dengan sinus (silahkan lihat di google image letak nasofaring dan sinus) , maka jika bakteri ini tumbuh berlebihan, akan mengakibatkan  sinusitis dan otitis media (radang/infeksi telinga)

Penyebaran Pneumokokus dapat juga menyebar melalui pembuluh darah, dan menginfeksi organ dalam tubuh. Jika bakteri ini melalui pembuluh darah sampai ke selaput otak (meningen) maka anak anda akan kejang, demam tinggi dan tidak sadar dalam hitungan minggu sampe bulanan, yang kami sebut dengan meningitis dan keadaan ini sangat buruk.

Apakah infeksi penyakit ini berat ? Bagaimana penularannya ?
Ya, infeksi  Pneumokokus yang invasif (IPD) merupakan penyakit yang berat. Penularan  bakteri ini terjadi melalui droplet (batuk,bersin). Pertumbuhan Pneumokokus akan mencapai puncaknya saat anak berusia 1-2 tahun. Anak dengan IPD paling banyak dijumpai pada usia < 5 tahun

Bagaimana pencegahan infeksi Pneumokokus ?
Pemberian vaksin Pneumokokus dapat merangsang pembentukan imunitas (Kekebalan) terhadap infeksi Pneumokokus.

Apa yang harus saya ketahui mengenai vaksin Pneumokokus ?
Vaksin Pneumokokus diberikan sebanyak 3 kali, yaitu pada usia 2,4 dan 6 bulan. Kemudian pemberian vaksin Pneumokokus dapat diulang sebagai booster (penguat) ketika si kecil berusia 12-15 bulan. Saat ini yang banyak beredar di pasaran adalah vaksin Pneumokokus generasi ke dua, yaitu PCV. Vaksin PCV yang baik memiliki minimal 7 strain Penumokokus yang dapat mencegah terjadinya IPD. Dokter anak anda akan menjelaskan mengenai hal ini lebih rinci.

Apakah Vaksin PCV memiliki efek samping ?

Sampai saat ini belum dilaporkan KIPI yang buruk setelah pemberian vaksin PCV. Anak yang mendapat vaksin PCV akan mengalami demam ringan yang hilang dalam 3 hari. Jika demam yang berlangsung amat tinggi, segera jumpai dokter anak anda.

1 comment:

  1. Eh, Ada yang butuh KULKAS VAKSIN UNTUK penyimpanan vaksin ga?
    Bisa diminta dikirimkan untuk ke seluruh indonesia lho

    KULKAS VAKSIN

    klik aja , liat dulu gapapa

    ReplyDelete