Tuesday, March 3, 2015

Hipertensi dan Gangguan Belajar Pada Anak

Aneh memang, tetapi hal tersebut telah dibuktikan melalui studi di Amerika. Menurut  jurnal  Pediatrics , yang mengamati  anak anak hipertensi dengan ADHD (Attention Defisit Hyperactive Disorder) dan tanpa ADHD terhadap ada atau tidaknya gangguan belajar (learning disorder) . Hasilnya sangat mengejutkan, anak dengan hipertensi, baik yang menderita ADHD ataupun tidak, keduanya memiliki gangguan dalam kemampuan belajar. Studi ini mematahkan penelitian sebelumnya, yang mengkambing hitamkan ADHD sebagai salah satu faktor mayor sebagai penyebab gangguan belajar pada anak.

                                          Sumber gambar : google image

Bagaimana  mekanisme hipertensi, sehingga dapat menyebabkan gangguan belajar pada  anak ?
Penyebab pasti belum diketahui, tetapi  ada hipotesa yang menjelaskan bahwasanya tekanan darah yang tinggi dapat merusak daerah korteks otak, sehingga kemampuan otak berkurang.

Apakah anak anak bisa menderita hipertensi  seperti halnya orang dewasa ?
Ya, Biasanya anak anak dengan gangguan ginjal bisa disertai dengan hipertensi. Sebahagian anak dilahirkan dengan hipertensi  dengan penyebab yang belum diketahui (baca: hipertensi  primer).

Bagaimana saya tahu anak saya penderita hipertensi ?
Dokter anak anda akan memberi tahu anda setelah melakukan pemeriksaan tekanan darah. Anak dengan tubuh yang gemuk (overweight atau obesitas) biasanya disertai dengan hipertensi

Apa yang bisa saya lakukan di rumah untuk mencegah anak saya tidak menderita hipertensi ?
Hindari makanan yang mengandung garam (natrium). Makanan yang mengandung garam biasanya dapat dijumpai pada makanan cepat saji, junk food seperti makanan kemasan yang mudah di dapat di warung ataupun supermarket. Penyedap rasa juga mengandung kadar garam yang tinggi sehingga dapat mencetuskan hipertensi.

Memulai untuk mengkonsumsi makanan yang alami dan mengurangi penggunaan penyedap pada masakan rumah tangga merupakan langkah awal untuk mencegah hipertensi pada anak anda.

No comments:

Post a Comment