Wednesday, March 4, 2015

SERI IMUNISASI : Hepatitis B

Kapan diberikan vaksinasi hepatitis B ?
Vaksin hepatitis B diberikan pada seluruh bayi yang baru lahir, anak yang harus melakukan cuci darah (hemodialisa) rutin dan anak yang mendapatkan tranfusi darah rutin.

Untuk anak yang mendapatkan hemodialisa rutin dan di atas usia 2 tahun, sebelum dilakukan pemberian vaksin, akan dilakukan pemeriksaan  anti HBS. Jika titer anti HBS < 10 mu/L, dokter anak anda akan memberikan booster (suntikan tambahan).

                                                        Sumber gambar : google Image

Kelompok mana saja yang wajib mendapatkan vaksinasi hepatitis B ?
Anak anak dengan anti HBs (-), anak anak yang belum mendapatkan vaksinasi hepatitis B dan anak yang immunocompromise

Anak anak dengan immunocompromise adalah anak anak yang memiliki daya tahan tubuh rendah. Anak anak dengan kelompok ini dapat dijumpai pada anak dengan kanker, anak yang mendapatkan terapi steroid  > 2mg/kgbb/hari  dan anak anak dengan HIV.

Berapa kali saya perlu memberikan vaksinasi hepatitis B pada anak saya ?
Pemberian vaksinasi hepatitis B, dilakukan sebanyak 3 kali. Jadwal ideal pemberian vaksin hepatitis B adalah saat bayi baru lahir (hep.1), saat bayi berumur 1 bulan (hep.2) dan anak berumur 6 bulan (hep.3)

Bagaimana jika anak saya tidak pernah atau tidak teratur dalam menerima vaksin hepatitis B ?
Pemberian hepatitis B, wajib diberikan 3 kali. Jika belum pernah, langsung diberikan saat kunjungan pertama ke dokter anak. Vaksin kedua (hep.2) akan diberikan dengan interval 4 minggu dari vaksin pertama (hep.1). Vaksin ketiga  (hep.3) diberikan dengan interval 8-16 minggu dari vaksin kedua

Apa saja jenis vaksinasi hepatitis B yang tersedia saat ini ?
Vaksin hepatitis B ada yang kombinasi dan ada yang monovalen. Vaksin hepatitis B kombinasi yang tersedia adalah: DTP+Hep.B+Hib, DTaP+Hep.B+IPV, DTaP+IPV+Hib dan Hep.B+Hep.A.
 Pemberian vaksin kombinasi memiliki daya imunitas yang sama dengan vaksin yang monovalen. Pemberian vaksinasi Hep.B kombinasi akan meminimalisir suntikan pada bayi anda.

Bayi usia 6 minggu hingga 2 tahun dapat diberikan vaksin PENTAVALEN (DTwP+Hep.B+Hib) ditambah dengan Polio. Atau  pada rentang usia tersebut dapat diberikan vaksin HEXAVALEN (DTaP+Hib+IPV)+Hep.B

Apakah ada efek samping pemberian vaksin hepatitis B ?
Efek samping yang dimaksud mungkin adalah KIPI. KIPI adalah singkatan dari Kejadian Ikutan Paska Imunisasi. KIPI pada vaksin hepatitis B adalah demam ringan selama 1-2 hari. Pemberian parasetamol akan meredakan KIPI pada anak yang mendapatkan vaksinasi hepatitis B.

Bagaimana jika Ibu adalah penderita hepatitis B atau dengan HBsAg (+)?

Jika anda adalah penderita Hepatitis B, bayi yang baru saja anda lahirkan harus mendapatkan HBIg pada sisi tubuh yang berbeda. Misalnya jika pada paha kanan bayi disuntikkan vaksin hepatitis B, maka HBIg disuntikan pada paha kiri bayi. Suntikan HBIg sebaiknya diberikan < 12 jam setelah suntikan vitamin K

No comments:

Post a Comment