Friday, March 27, 2015

Kenali Gejala Demam Tifus Pada Anak

sumber gambar: google image

Apa yang dimaksud dengan demam tifus (Typhoid Fever) ?
Merupakan demam yang diderita oleh anak, bersifat tinggi, sulit turun yang disebabkan oleh bakteri salmonella thyphi.

Bagaimana saya mengenali gejala penyakit ini ?
Demam tifus bukan demam biasa. Anak akan mengalami demam, lebih dari 5 hari, selalu tinggi dan jika dibiarkan semakin hari demam akan semakin tinggi. Anak akan terlihat sangat sakit, sehingga aktivitasnya terganggu. Demam akan lebih dominan pada sore atau malam hari. Jika digambar pada kurva demam oleh dokter anda akan menyerupai stepladder (jenjang /anak tangga)

Gejala yang menyertai demam hampir mirip dengan flu biasa. Anak bisa mengalami batuk, pilek, menggigil. Tetapi pada demam tifus, biasanya disertai dengan gejala saluran cerna seperti nyeri perut, konstipasi, mencret, dsb. Pada anak yang memiliki kulit putih, akan tampak bercak kemerahan yang kami sebut dengan rose spot (silahkan lihat di google image).

Gejala yang paling khas adalah relatif bradikardia. Biasanya jika anak anda demam, frekuensi jantung akan menjadi lebih cepat. Hal ini tidak dijumpai pada demam tifus. Pada demam tifus, suhu yang sangat tinggi tidak disertai dengan peningkatan frekuensi jantung, tapi sebaliknya, frekuensi jantung malah akan terdengar lebih lambat dari nilai normalnya. Anda bisa lihat nilai normal frekuensi jantung anak pada artikel blog saya yang berjudul: mengenal tanda vital anak.

Apakah penyakit ini berbahaya ?
Ya. Demam tifus termasuk golongan penyakit berat. Jika dibiarkan, bakteri yang berada di dalam darah akan menginfeksi otak (kejang dan penurunan kesadaran), hati (muncul warna kuning pada kulit), jantung (miokarditis/ radang otot jantung)bahkan saluran kencing (sistitis).

Yang paling berbahaya adalah bocor usus (perforasi  usus). Hal ini diakibatkan reaksi radang yang ditimbulkan tubuh saat terinfeksi bakteri salmonella. Anak anda akan terlihat sangat kesakitan, jika perut si anak disentuh sedikit saja  bisa membuat si kecil meronta ronta. Jika kondisi ini terjadi tindakan yang dianjurkan adalah operasi segera yang akan dilakukan oleh dokter bedah. Dokter bedah akan memperbaiki kebocoran pada usus si kecil.

Bagaimana anak saya bisa menderita penyakit ini ?
Salmonella typhi, akan mati jika terpapar suhu diatas 60’ celsius. Jika si kecil makan makanan yang tidak masak, kemungkinan terinfeksi bakteri ini sangat besar. Bakteri yang masuk ke saluran cerna akan masuk melalui kelenjar limfe di usus halus yang disebut dengan peyer patches(silahkan lihat di google image). Payer patches ini merupakan pintu masuk bakteri hingga akhirnya  bisa dijumpai di saluran darah sistemik. Jika bakteri sudah sampai ke saluran darah, maka bakteri dengan mudahnya dapat menginfeksi organ organ tubuh seperti otak, sumsum tulang, ginjal, hati, jantung, dsb.

Apa yang akan dokter lakukan pada anak saya ?
Dokter anak anda akan melakukan beberapa pemeriksaan darah. Ada beberapa pemeriksaan yang dianjurkan seperti  darah lengkap, widal dan tubex. Pemeriksaan darah lengkap dapat melihat gambaran yang menyerupai demam berdarah dengue, dokter anak anda akan menjelaskan lebih rinci mengenai hal ini. Widal masih digunakan pada rumah sakit daerah. Nilai yang dipakai untuk mendiagnosa ada atau tidaknya demam tifus adalah nilai antigen O. biasanya jika antigen O meningkat lebih dari 4x, atau lebih besar dari 1/160, anak anda mungkin terinfeksi demam tifus. Pendekatan diagnosa demam tifus saat ini adalah dengan tubex tes. Skor tubex > 3 dengan gejala klinis dapat dijadikan dasar penegakkan  diagnosa demam tifus.

Bagaimana terapinya ?
Dokter anak anda akan memberikan antibiotik selama 1 minggu sampai 1 bulan, tergantung jenis antibiotik yang diberikan. Pada masa terapi, dokter anak juga menganjurkan supaya si kecil tidak diberi makan keras, tetapi diberikan makanan lunak dan tentunya tidak pedas, asam atau terlalu asin.


1 comment:

  1. Do this hack to drop 2lb of fat in 8 hours

    More than 160000 men and women are using a easy and secret "water hack" to lose 2 lbs every night as they sleep.

    It is simple and it works on everybody.

    Just follow these easy step:

    1) Go grab a clear glass and fill it with water half glass

    2) And now do this awesome HACK

    and become 2 lbs thinner the next day!

    ReplyDelete