Thursday, March 12, 2015

Seri Imunisasi : Vaksin BCG




               (sumber gambar : google image)

Apa yang dimaksud dengan vaksin BCG ?

BCG adalah singkatan Bacillus Calmette Guerin, yang berisi bakteri  tuberculosis yang dilemahkan dengan tujuan merangsang timbulnya kekebalan terhadap penyakit tuberkulosis

Mengapa vaksin BCG penting untuk diberikan pada si Kecil ?

Negara kita merupakan negara dengan angka infeksi tuberkulosis ke tiga paling banyak di dunia. Iklim negara yang tropis merupakan iklim yang cocok untuk pertumbuhan kuman Tbc.

Selain itu, infeksi tuberkulosis yang parah dapat menyebabkan kematian. Pengobatan tuberkulosis memerlukan waktu yang panjang (6-12 bulan), dan tentunya memiliki efek samping. Oleh sebab itu, dokter anak anda mewajibkan setiap anak yang lahir agar mendapatkan vaksinasi BCG, sehingga si Kecil kebal (imun) jika terinfeksi bakteri ini.

Kapan vaksin BCG diberikan ?

BCG diberikan saat bayi bayi baru lahir hingga usia 2 bulan. BCG diberikan 1 kali, secara intradermal (lihat di google image) pada lengan kanan bayi.

Bagaimana jika saya terlambat memberikan BCG, atau baru memberikan vaksin ketika si Kecil berusia 3 bulan ke atas ?

Pemberian  BCG  tetap diberikan. Pada bayi yang berusia diatas 3 bulan, diwajibkan untuk diberikan mantoux test terlebih dahulu (mengenai mantoux test bisa anda baca di blog saya yang berjudul: mengenal Tbc  pada anak)

Jika mantoux test si Kecil positif, dokter anak anda akan memberikan obat selama 6 bulan, dan pemberian vaksin diberikan jika pemberian mantoux test sudah negatif.

 Apakah pada semua kondisi vaksin BCG dapat diberikan  kepada si Kecil ?

Tidak. Ada beberapa kondisi dimana si Kecil tidak boleh mendapat BCG. Kondisi seperti  durasi mantoux tes > 5 mm, anak dengan immunocompromise (daya tahan tubuh lemah) yang dapat dijumpai pada anak dengan infeksi HIV, pemberian steroid jangka lama dan anak dengan gizi buruk.

Selain itu anak yang pernah terinfeksi tbc sebelumnya dan anak yang sedang demam tinggi tidak boleh diberikan vaksin ini.

Apakah pemberian BCG memiliki efek samping (KIPI) ?

Ya. Pemberian BCG akan menimbulkan ulkus pada bekas suntikan, yang biasanya akan terlihat 2-4 minggu setelah suntikan, dan akan sembuh dalam 2-3 bulan.

Pemberian BCG juga dapat mengakibatkan  pembengkakan kelenjar leher yang teraba seperti kelereng. Pada kondisi ini, dokter anak anda akan memberikan obat tambahan


1 comment: