Tuesday, October 29, 2013

Mengenal Tbc pada anak (bagian 2)

( mantoux test : dari google image )




Apa yang dimaksud dengan skoring tbc ?

Penegakkan diagnosa tbc tidak mudah dilakukan pada anak. Dokter anda akan melakukan serangkaian pemeriksaan untuk menegakkan diagnosa tbc. Cara yang digunakan ialah dengan menggunakan sistem skoring.

Apa saja pemeriksaan yang termasuk ke dalam sistem skoring tbc ?

Pemeriksaan yang dilakukan adalah :

1. Riwayat kontak dengan penderita batuk lama
Pastikan anda memberikan informasi dengan benar. Apakah anak anda terpapar oleh anggota keluarga yang selalu batuk, lebih dari 3 minggu ? Informasi yang benar sangat membantu dokter anda menegakkan diagnosa tbc (skor maks: 3)

2. Uji tuberkulin/mantoux test
Anak anda akan disuntikan bakteri tbc yang dilemahkan, untuk menilai respon imun dari anak. Seperti pada gambar, uji tuberkulin yang positif juga menentukan dalam memegakkan diagnosa tbc. (Skor maks : 3)

3. Keadaan gizi
Doktet anda akan mengukur dan menghitung gizi anak anda. Gizi yang jelek, akan meningkatkan skor dalam menegakkan diagnosa tb (skor maks : 2)

4. Riwayat demam
Amati mulai kapan anak anda demam. Informasi yang jelas mengenai mulai kapan anak anda demam sangat bermakna untuk menegakkan diagnosa tbc. Demam yang bermakna ketika anak anda demam lebih dari 2 minggu. (Skor maks : 1)

5. Riwayat batuk
Seperti halnya demam, informasi sejak kapan anak anda batuk juga sangat bermakna. Batuk lebih dari 3 minggu juga menambah risiko anak terdiagnosa tbc (skor maks: 1)

6. Pembesaran kelenjar
Raba pembesaran kelenjar pada leher, ketiak dan selangkangan. Kelenjar yang teraba lebih dari 1 cm, dan banyak, meningkatkan risiko terdiagnosa tbc (skor maks : 1)

7. Pembengkakan tulang
Perhatikan ada atau tidak pembesaran tulang pada sendi panggul, sendi jari jari tangan, sendi lutut dan tulang belakang. Pembesaran tulang pada daerah tsb juga bermakna (skor maks: 1)

8. Foto dada
Penilaian rontgen dada, akan dilakukan oleh dokter anda (skor maks : 1)

Apa yang perlu diperhatikan ?

Pemeriksaan bilas lambung bersama skoring tbc, dilakukan bersama sama untuk menegakkan diagnosa tbc pada anak.

Serangkaian pemeriksaan tsb ditujukan agar obat tbc, yang dimakan selama 6-9 bulan, tepat sasaran

Hilangnya satu rangkaian pemeriksaan, akan menyulitkan dokter anda dalam menegakkan  diagnosa.

No comments:

Post a Comment