Friday, October 25, 2013

Campak pada anak


(Sumber gambar: google image)



Apa yang menyebabkan campak pada anak ?

Campak disebabkan oleh virus measles. Campak merupakan penyakit yang sangat menular. Campak ditularkan melalui droplet yang berasal dari bersin,batuk maupun kontak langsung terhadap cairan penderita.

Bagaimana mengenal gejala campak ?

Mulanya anak anda demam tinggi > 38' celcius, disertai dengan merah pada konjungtiva mata, meler pada hidung dan disertai batuk (conjungtivitis, coryza, cough). Kemudian disertai ruam.

Ruam yang timbul, bisa terdapat pada mukos bukal (pipi bagian dalam) dikenal dengan koplik spot (lihat di google image), dan ruam yang timbul pada kulit anak.

Ruam pada kulit berupa tonjolan tonjolan halus (papula/ lihat di google image) seragam yang berwarna merah, yang muncul pertama kali di kepala, kemudian menjalar ke dada-perut, dan akhirnya ke tangan dan kaki.

Ruam akan menjadi keropeng berwarna coklat kehitaman, di mulai dari kepala, kemudian pada dada-perut, dan akhirnya ke tangan dan kaki.

Apakah campak termasuk penyakit berat ?

Tidak. Dengan tatalaksana yang baik, campak bisa disembuhkan. Tetapi campak bisa mematikan jika dijumpai pada anak di bawah usia 5 tahun.

Kematian biasanya disebabkan oleh infeksi sekunder/penyerta oleh bakteri yang mengakibatkan: croups, pneumonia dan ensefalitis.

Apakah perlu meminta antibiotik pada dokter ?

Tidak. Campak adalah penyakit yang disebabkan oleh virus. Pemberian cairan yang cukup oleh karena dehidrasi yang disebabkan demam yang tinggi adalah terapi utama. Selain itu dokter anda akan memberikan vitamin A sebagai imunomodulator (penguat sistem imun)

Dokter anda akan memberikan antibiotik, jika dijumpai infeksi sekunder oleh bakteri.

Apa yang perlu diperhatikan ?

Segera jumpai dokter anak anda jika anak anda demam tinggi, disertai dengan ruam.

Ruam yang timbul tanpa demam, walaupun ruam berbentuk papul, sudah dipastikan bukan campak.

Pemberian imunisasi campak, dan pemberian gizi yang baik, mencegah anak anda terinfeksi campak.



2 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Infonya lengkap dan bermanfaat banget :) Mau tanya bakteri apa saja yang bisa menyebabkan kematian pada penderita yang dibawah usia 5 tahun ? Terima kasih :)

    Manfaat Berjemur Bagi Kesehatan

    ReplyDelete