Saturday, October 26, 2013

Mengenal TBC pada anak

(Sumber gambar: google image)


Bagaimana anak tertular tbc ?

Tbc/tuberculosis merupakan penyakit yang disebabkan oleh microbacterium tuberculosis. Bakteri inu ditularkan melalui droplet yang keluar saat penderita batuk.

Droplet yang terhirup oleh anak akan masuk ke dalam alveolus paru (lihat google image). Di sini, bakteri tersebut akan dimakan oleh makrofag (lihat google image) yang merupakan tentara yang bertugas membunuh benda asing yang masuk ke dalam tubuh.

Bagaimana nasib bakteri tbc setelah dimakan oleh makrofag ?

Jika gizi anak bagus, makrofag dibantu oleh sistem imun lain nya akan membunuh bakteri tbc, tetapi jika tidak, tbc akan hidup di dalam makrofag. Infeksi tbc ini akan merangsang pembesaran kelenjar limfe yang terdapat pada mediastinum.

Infeksi tbc pertama kali ini, disebut dengan infeksi tbc primer. Pada pemeriksaan foto dada, infeksi tbc primer, dikenal dengan kompleks ghon (lihat google image)

Infeksi primer tbc tidak bergejala. Terkadang komples ghon ditemukan secara tidak sengaja saat general check up. Di dalam kompleks ghon, tbc terus berkembang biak, hingga akhirnya bisa di jumpai di otak, limfe, hati, limpa, jantung, tulang, dsb melalui aliran darah.

Aktifasi lanjutan bakteri tbc yang melibatkan paru dan organ selain paru ini, disebut dengan infeksi tbc sekunder. Infeksi tbc sekunder akan menimbulkan gejala pada anak.

Bagaimana gejala tbc pada anak ?

Anak dengan keluhan batuk lebih dari 3 minggu, disertai dengan demam tanpa sebab yang jelas yang dialami anak lebih dari 2 minggu.

Selain itu, anak anda mengalami penurunan berat badan. Yang tidak kalah penting ialah adanya riwayat kontak dengan penderita batuk lama.

Jika anak anda memiliki gejala tersebut, segera konsultasikan pada dokter anak anda, jangan menunda.

Pemeriksaan apa yang dilakukan untuk memastikan infeksi tbc ?

Dokter anak anda akan memeriksa dahak anak anda. Karena anak belum bisa mengeluarkan dahak sendiri, maka pemeriksaan akan dilakukan melalui bilas lambung (lihat di google image)

Selain itu, dokter anak anda akan melakukan skoring, untuk menegakkan diagnosa tbc

Blog berikutnya, saya akan menjelaskan sistem skoring untuk menegakkan diagnosa tbc pada anak.


No comments:

Post a Comment