Thursday, October 10, 2013

Penyakit anak populer : impetigo


(sumber gambar : google image)


Apa yang dimaksud dengan impetigo ?

Impetigo berasal dari  bahasa latin, impetere (to assail) yang berarti 'serangan'. Penyakit ini  sering dijumpai pada bayi atu anak anak.

Bagaimana gejala impetigo ?

Jika melihat gambar yang saya ambil dari google image, mungkin anda sering melihat penyakit ini. Ciri khas dari impetigo adalah lapisan kulit kering yang berwarna keemasan ( honey crust). Kebanyakan anak yang menderita penyakit ini tidak terlihat sakit, bahkan bisa bermain seperti biasa.

Impetigo bisa dibagi menjadi 2 bagian. Impetigo bulosa dan impetigo non bulosa. Luangkan waktu anda untuk melihat perbedaan antara keduanya lewat google image. Dengan demikian anda bisa mengenal bentuk dari penyakit ini.

Bagaimana anak terkena impetigo ?

Impetigo disebabkan oleh kuman coccus (streph dan staph). Coccus merupakan bakteri yang tumbuh subur di negara tropis seperti indonesia.

Bakteri ini masuk melalui luka goresan, sayatan atau garukan pada kulit. Luka merupakan jalan masuk bakteri coccus sehingga bisa berkembang biak dan menimbulkan gejala

Apakah penyakit ini menular ?

Ya, jenis impetigo non bulosa merupakan impetigo yang paling infeksius (mudah menular). Jenis impetigo bulosa cendrung lebih tidak mudah menular. Browse google image untuk membedakan keduanya

Hindari kontak langsung dengan penderita, ataupun cairan penderita. Dengan demikian mencegah penularan impetigo

Apakah impetigo merupakan penyakit berat ?

Tidak. Tanpa pengobatan, dengan gizi yang baik, impetigo akan sembuh sendiri dalam 2 minggu. Dengan obat-obatan, impetigo sembuh dalam 10 hari.

Seandainya anak anda yang terinfeksi impetigo, dan sudah berobat ke dokter anak dan tidak sembuh dalam 10 hari, diskusikan kembali ke dokter  anda, mungkin dokter anda akan memerlukan pemeriksaan lanjutan seperti kultur, guna menentukan bakteri penyebab


Apa yang perlu diperhatiakan ?

Selalu jaga kebersihan diri anak anda. Memotong kuku secara teratur adalah langkah mudah untuk mengurangi luka garukan pada anak anda.

Segera bersihkan luka dengan antisepsis . Ini merupakan langkah awal mencegah masuknya kuman melalui luka

2 comments: