Saturday, September 13, 2014

Batuk Pada Anak



Berikut saya ulas beberapa hal mengenai batuk. Sebelumnya batuk merupakan pertahanan primer bagi anak. Batuk terjadi akibat instruksi kerja otak untuk mengeluarkan sekret pada saluran pernapasan, agar tidak sampai ke jaringan paru


Bagaimana bisa terjadi batuk ?
Pada saluran napas, terutama saluran napas bagian bawah, dilapisi oleh otot silindris yang memiliki silia (rambut getar). Otot bersilia ini berfungsi mengeluarkan sekret dan kotoran supaya tidak masuk ke jaringan paru. Otot ini bisa rusak oleh infeksi virus, sehingga fungsinya dalam mengeluarkan sekret berkurang. Melalui kordinasi sistem syaraf pusat maka munculah batuk untuk menggantikan fungsi otot bersilia, hingga muncul/ tumbuh kembali.

Apakah batuk anak saya berat ?
Untuk menjawab pertanyaan ini, dokter anda akan melakukan beberapa pemeriksaan. Secara umum, batuk pada anak bukan penyakit berat. Sejatinya, batuk akan hilang sendiri dalam 2-3 minggu, tanpa obat apapun jika sistem imunitas anak anda bagus. Batuk akan hilang bersamaan dengan tumbuh kembalinya otot bersilia pada saluran napas.

Obat apa yang cocok untuk batuk anak saya ?
Segala obat supresan batuk (dekstromethorphan) dilarang penggunaannya pada anak. obat tersebut akan menekan reflek batuk, sehingga sekret tidak bisa dikeluarkan dan akhirnya masuk ke jaringan paru. Hal ini dapat mencetuskan infeksi pada jaringan paru. Dokter anak anda akan menjelaskan dengan rinci.

Kapan membawa anak saya ke dokter jika batuk ?
Batuk yang disertai dengan demam tinggi, dan retraksi (lihat di google image), ataupun batuk yang terjadi terus menerus, batuk yang disertai dengan perdarahan pada konjungtiva mata (lihat di google image).Batuk yang disertai dengan sesak napas dan batuk yang disertai dengan mengi.

Apa yang harus diperhatikan ?
Pada prinsipnya, batuk pada anak anda akan sembuh, jika nutrisi anak anda bagus. Batuk yang disebabkan oleh infeksi virus akan langsung diselesaikan oleh sistem imunitas anak anda. Nutrisi yang cukup adalah kunci pada sistem imun anak anda

No comments:

Post a Comment